Featured

    Featured Posts

    Social Icons

Loading...

Topologi Jaringan


TOPOLOGI JARINGAN

            Topologi jaringan adalah struktur jaringan untuk mengidentifikasi model sehingga setiap simpul atau host (node) yang merupakan processor utama dan sistem oprasi di dalam jaringan komputer serta saling berhubungan satu sama lainnya. 2 jenis topologi yaitu: Topologi secara fisik (Physical Topology) dan yang satu lagi Topologi secara logika   (Logical topology). Kalau topologi secara fisik menjelaskan bagaimana susuna dari kabel dan komputer dan lokasi semua komponen jaringan , sedangkan kalau topologi secara logika bisa diartikan bagaimana imformasi atau aliran data dalam jaringan.

            Dibawah ini nama-nama topologi jaringan yang biasa di gunakan orang.ada 5 topologi jaringan komputer, yaitu:
ñ  Topologi Bus
ñ  Topologi Ring
ñ  Topologi Star
ñ  Topologi Tree
ñ  Topologi Mesh

Topologi Bus
            Pada topologi bus, semua komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut dihubungkan melalui sebuah bus atau jarur komunikasi data yang berupa kabel coaxial yang berfungsi sebagai pembawa sinyal. Pada topologi ini, semua jaringan mempunyai kesempatan yang sama dalam pertukaran perolehan informasi dan komunikasi dalam jaringan. Topologi ini banyak digunakan pada perusahaan kecil.
Keunggulan Topologi Bus
ñ  Instalasinya lebih sederhana, lebih mudah, dan relatif lebih murah karana jenis kabel yang digunakan hanya satu kabel.
ñ  Tidak akan mengganggu komputer lainnya jika salah satu komputer mengalami keruksakan.
Kelemahan Topologi Bus
ñ  Apabila terjadi kabel putus, semua komputer dalam jaringan ini tidak dapat dioprasikan
ñ  Sering sekali terjadi tabrakan (collision) antara data saat pengiriman data antar komputer; terutama saat terjadi kepadatan lalu lintas transfer data.
ñ  Kecepatan transfer data lebih lambat
ñ  Lebih sulit untuk dikembangkan.

Topologi Star
            Sesuai dengan namanya, struktur fisik dari topologi star berbentuk bintang. Pada topologi ini masing-masing komputer (client) terhubung ke sebuah alat penghubung terpusat atau konsentrator (serves) melalui jalur yang berbeda. Media transmisi yang biasa digunakan pada topologi star adalah kabel UTP (Unshieled Twisted Pait).

Kelebihan Topologi Star
ñ  Kecepatan transfer data relatif lebih baik
ñ  Jika salah satu kabel yang menuju node terputus, tidak akan mengganggu jaringan
ñ  Kontrol manajemen transfer data lebih mudah mengingat semuanya terpusat pada konsentrator
ñ  Lebih mudah untuk dikembangkan.
Kelemahan Topologi Star
ñ  Apabila konssentrator (server) mengalami kerusakan, maka semua komputer tidak dapat dioprasikan
ñ  Apabila lalu lintas transfer data padat, sering terjadi tabrakan file (collision).

Topologi Ring
            Sesuai dengan namanya, yaitu ring atau cincin, maka semua komputer pada jaringan dengan topologi ring dihubungkan satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah cincin. Melalui topologi ini data tidak langsung dikirimkan ke komputer yang dituju. Akan tetapi, terlebih dahulu melalui beberapa komputer secara berkeliling sepanjang jaringan melalui media yang disebut sebagai token. Token tersebut akan memeriksa dan melanjutkan bebera perjalannya apabila data yang dituju bukan untuk dirinya dan menyimpan data apabila data yang dituju untuk dirinya.
Kelebihan Topologi Ring
ñ  Dalam menghindari tabrakan file karena transfer data hanya mengalir dalam satu arah memutar. Data pertama akan dikirim dan disimpan terlebih dahulu pada kompuer yang dituju sebelum data lainnya.
ñ  Instalasinya sederhana dan lebih mudah sehingga biaya yang digunakan lebih murah dan lebih ekonomis
ñ  Semua komputer dalam jaringan topologi ini mempunyai status dan kapasitas sata yang sama dalam berbagai informasi dan berkomunikasi.
Kelemahan Topologi Ring
ñ  Semua komputer tidak dapat dioprasikan apabila kabel jaringan putus
ñ  Lebih sulit untuk di kembangkan.

Topologi Mesh
            Kalau Topologi yang satu ini memiliki hubungan yang berlebihan antara dari peralatan-peralatan yang ada. jadi kesimpulan susunannya, setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lainnya.

Keuntungan Topologi Mesh
ñ  Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.
ñ  Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.
ñ  Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.
Kerugian Topologi Mesh
ñ  Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.
ñ  Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.


Topologi Tree
            Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda.Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.



SEMOGA BERMANFAAT. 
ARIGATOU GOZAIMATSU

sumber : Buku dan Internet







author

This post was written by: Author Name

Your description comes here!

Get Free Email Updates to your Inbox!

Posting Komentar

CodeNirvana
© Copyright AFA-BLOG
Back To Top